Menjadi orangtua cerdas adalah impian kita semua

Powered by Blogger.
[6] [featured] [slider-top-big] [featured]
You are here: Home / Agar Sukses Berkarya dan Mengurus Rumah Tangga

Agar Sukses Berkarya dan Mengurus Rumah Tangga

| 10 Comments
Para ibu dan calon ibu, apakah anda seorang ibu rumah tangga? Berbahagialah. Itu adalah profesi luar biasa yang Allah karuniakan untuk anda. Saya lebih suka mengartikan begini tentang profesi ini. Ibu rumah tangga itu bukan hanya yang sehari-hari bekerja di rumah (mencuci, mengepel, memasak, mengurus anak) tanpa bekerja di luar rumah. Tetapi, bagi yang bekerja di luar pun, jika dia seorang istri dan seorang ibu, tetap saja dia seorang ibu rumah tangga. Karena yang bekerja di luar itu, otomatis dirinya juga me
agar sukses berkarya dan keluarga
Keluarga, Sahabat dan Karya
ngerjakan pekerjaan rumah, bukan?

Lalu bagaimana dengan potensi yang anda miliki? Sudahkah anda lejitkan? Hmm, yang bisa menjawab hanya anda sendiri. Lihat diri dan kemampuan anda. Hobi anda,  mungkin. Apakah sudah ada karya atas apa yang menjadi kelebihan anda? Bila belum, bisa jadi karena anda sendiri yang belum melejitkannya.
Lho, memang bisa ya, sambil menjadi ibu rumah tangga, tetap bisa berkarya? Tentu sangat bisa, dan sangat  mungkin. Ini adalah jaman yang siapa saja bisa melejitkan kemampuan diri. Termasuk kita para istri, para ibu rumah tangga. Baik yang full at home, atau berkarir di dunia kerja.

Pertama, merasa berbahagialah dengan profesi anda sekarang. Jangan pernah merasa Allah tidak adil dengan kondisi anda. Misalkan anda seorang ibu yang setiap hari mengurus anak-anak yang masih kecil, yang selalu lelah karena mengurus suami, buang jauh segala bentuk pikiran negatif. Munculkan aura positif, dan pikirkan saja yang baik-baik tentang tugas anda yang begitu mulia itu. Yakinlah bahwa anda adalah wanita terpilih. Anda adalah perempuan hebat yang Allah pilih untuk mengemban amanah sebagai seorang istri.

Kedua, kenali diri dan potensi anda lebih lanjut. Becerminlah! Anda suka dengan kegiatan apa? Anda punya cita-cita apa dalam hidup, yang belum anda wujudkan? Selami lebih dalam. Misalkan anda hobi memasak, dan bercita-cita ingin memiliki restauran di samping rumah anda. Atau anda hobi menulis, dan bercita-cita ingin menjadi penulis terkenal meski sehari-hari sibuk dengan banyak hal.

Ketiga, tulis mimpi besar anda. Yang boleh menuliskan mimpi-mimpi bukanlah mereka yang masih sekolah saja. Ingat, kita tengah bersekolah di sekolah kehidupan. Sekolah yang lebih nyata dari segala macam sekolah. Kita pun perlu menuliskan mimpi-mimpi kita. Harapan yang tertulis, akan memantapkan niat yang kuat. Tulis pada tempat-tempat yang sewaktu-waktu bisa anda baca. Bila anda termasuk tipe pemalu jika menempelkan di dinding kamar, tuliskan saja pada lemari baju anda bagian dalam. Ketika anda hendak mengambil pakaian, tulisan itu akan anda baca.

Keempat, create your mission! Buatlah langkah-langkah yang lebih nyata untuk mimpi anda. Jangan lupa untuk selalu optimis, bersemangat, dan banyak membaca kisah sukses para perempuan hebat nusantara maupun mancanegara. Maksimalkan gadget anda untuk memperkaya wawasan dan melejitkan potensi yang anda miliki.

Kelima, bangun komunikasi efektif dengan suami. Biarkan suami anda tahu apa yang menjadi keinginan anda. Katakan anda ingin berkarya, katakan anda ingin menyalurkan hobi anda pada dirinya. Mengapa? ini berkaitan dengan rasa saling memahami yang harus ada satu sama lain. Ini juga berkaitan dengan pengaturan jadwal anak-anak. Misalkan saat anda harus mengikuti pelatihan, maka anak-anak dengan suami. Atau mungkin suami memberikan alternatif lain seperti menyediakan asisten rumah tangga.

Keenam, take action. Lejitkan potensi anda lewat langkah-langkah yang sudah anda buat. Jangan segan melakukan evaluasi secara rutin agar apa yang anda perjuangkan semakin baik, dari hari ke harinya.
Good luck ya!

2 Maret 2015
Bunda Isna